.jpg)
Poto Tano, 12 September 2023
Dalam upaya meningkatkan kegiatan koordinasi dan kolaborasi komite pembelajaran, Pengawas bersama komite pembelajaran lainnya melaksanakan kegiatan Rembuk Diskusi (Redis) untuk bulan ini.Kegiatan Rendis merupakan forum kegaiatan Komite Pembelajaran untuk berdiskusi tentang implementasi Kurikulum merdeka pada tingkat Komite pembelajaran di SMP.Negeri 3 Poto Tano.
Tujuan Redis (Rembuk Diskusi) bulan ini membicarakan rencana tindak lanjut dari lokakarya pembelajaran dan asesmen yang dilaksanakan pada bulan agustus 2023 yang lalu dan hal-hal lain yang dihadapi oleh komite pembelajaran.
Bebrapa hal yang dibicarakan kegiatan lokakarua ,ekosistem sekolah serta pemahaman tentang RPP atau Modul Ajar berdeferensiasi.
Dalam arahan pengawas mengingatkan kepada anggota komite agar memperhatikan apa yang sudah diisi pada Lembaran Kerja (LK) di lokakarya pembelajaran dan asesmen.
'Mohon untuk mempelajari lagi apa yang sudah dikerjakan di Lembar Kerja lokakarya pertama bulan agustus dan agar segera ditindaklanjuti aksi nyata." pinta Pak Suharjo unsur pengawas di Komite Pembelajaran sekaligus Pengawas Pembina SMP Negeri 3 Poto Tano.
Sedangkan ekosistem sekolah harus kita pahami apa itu ekosistem sekolah dan komponen-komponen ekosistem sekolah dalam menunjang pembelajaran yang barbasis peserta didik.
Istilah ekosistem biasanya digunakan pada pelajaran Biologi utuk menggambarkan suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Sekolah sebagai suatu lingkungan pendidikan dimana pada lingkungan ini terjadi interaksi antara unsur biotik seperti guru, murid, tenaga kependidikan, wali murid, komite sekolah dengan unsur abiotik seperti sarana prasarana sekolah, ruang kelas dan keuangan sekolah. Maka sekolah bisa dianggap sebagai suatu ekosistem.
Menurut Green dan Haines (2016) didalam sekolah terdapat 7 aset utama/modal utama. Tujuh modal utama ini merupakan salah satu alat yang dapat membantu menemukenali sumber daya yang menjadi aset sekolah. Yaitu modal manusia, modal sosial, modal politik, modal fisik, modal finansial, modal lingkungan/alam, modal agama dan budaya.
Setelah kita mengetahui ekosistem yang ada di sekolah kita maka kita dapat membuat perencanaan dengan pendekatan berbasis aset dan berbasis kekurangan.
Hal lain yang didiskusikan pada ReDis terkait Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau modul ajar yang memuat pembelajaran berdeferensiasi.sehingga ketika kita membaca RPP bisa kita tentukan pembelajaran berdefensiasi apa yang ada.apakah pembelajaran berdeferensiasi pada proses, konten atau produk.